Kegiatan Dinperindag

Pembukaan Pelatihan SDM Industri Pakaian Jadi/Garment (BPSDM PIKM)

Admin Dinperindag | Kamis, 05 September 2013 - 17:09:15 WIB | dibaca: 2963 pembaca

SEMARANG, Bertempat di Balai Pengembangan SDM dan Produk IKM Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Basis Industri Manufaktur Kementerian Perindustrian, Rabu (4/9/2013) diselenggarakan acara pembukaan Pelatihan SDM Industri Pakaian jadi/garmet,  yang diikuti oleh 200 orang yang berasal dari Kab. Sukoharjo, Klaten, Boyolali  dan Surakarta, pelatihan akan berlangsung selama 20 (dua puluh) hari ini dibuka langsung oleh Direktur Tekstil dan Aneka Ramon Bangun dan dihadiri Anggota Komisi VI DPR RI , Bp. Aria Bima.  

Menurut Ketua Panitia Richard Naenggolan,pelaksana pelatihan dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan bagi pserta sehingga siap kerja di industri-industri pakain jadi garment, mengentaskan penggangguran karena kegiatan ini sifatnya padat karya, serta untuk meningkatkan minat investor, untuk menanamkan modal di Indonesia karena ketersediaan SDM trampil yang ada di Indonesia. Lebih lanjut dikatakan bahwa “metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah three in one  artinya memilih, melatih dan langsung menempatkan peserta di perusahaan industri garment”.

Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu Provinsi yang masih memiliki angka pengangguran cukup tinggi, yaitu sebesar 0,96 juta atau 5,63 % dan angka kemiskinan sebesar 4,86 juta atau 14,98 % , namun memiliki potensi pertumbuhan terbesar di Indonesia untuk Industri garment, baik akibat relokasi industri garment dari wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Banten atau perluasan kapasitas produksi industri yang sudah ada. Saat ini tercatat pada Direktorat Industri Tekstil dan Aneka, kebutuhan SDM industri garment Jawa Tengah tahun 2013 dari perusahaan, yang telah dan akan merelokasikan industrinya ke Jawa Tengah mencapai jumlah 24.500 orang.” ucap Ramon Bangun, di Balai SDM dan PIKM Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, di Tambak Aji, Semarang. Red-ant prog.

Sementara itu Anggota Komisi VI DPR RI Aria Bima mengatakan,”saya bangga bisa hadir disini karena saya pingin tahu secara persis bagaimana pelatihan ini dilaksanakan oleh Kementerian Perindustrian, banyak pegawai-pegawai  garmet yang nganggur, ini kalau diselenggarakan apa benar ada pesertanya?, tapi hari ini terjawab, ternyata hari ini luar biasa, ada 200 (dua ratus) peserta yang siap mengikuti pelatihan yang riil selama 20 (dua puluh) hari kedepan, dan waktu yang cukup panjang, bagi yang  tidak punya motivasi,  tapi bagi yang punya motivasi menjadi waktu yang sangat singkat “ Jelas Aria Bima.

Disela-sela sambutannya Anggota KomisiVI DPR RI Aria Bima menyempatkan diri berdialog dengan para peserta,  Dewa salah satu peserta mengungkapkan “Ikut pelatihan ini untuk mencari pengalaman kerja” sedangkan Yuliani mengatakan “untuk mencari pengalaman kerja dan bisa menjahit demi masa depan “ ungkap peserta saat ditanya apa tujuannya ikut pelatihan di Balai Pengembangan SDM dan PIKM ini, oleh Anggota Komisi VI DPR RI Aria Bima.

“Karena itu, kepada para peserta pelatihan untuk dapat mendayagunakan kesempatan ini seoptimal mungkin. Sekaligus “ngangsu kawruh” mempraktekan ilmu yang diperoleh selama pelatihan 20 (dua puluh) hari. Sehingga pada saat terjun di dunia kerja telah terampil dan mampu menghasilkan karya yang berkualitas,” ujar Sekretaris Dinas Drs. M.Santoso.M.Si.saat membacakan sambutan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah yang tidak bisa hadir karena sedang dinas ke luar negeri.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)